Artikel

  Lampu Penerangan Jalan Kota

    Dibaca: 113 kali 


Suatu kota adalah kumpulan dari penduduk bermukim dan terdaftar secara administratif selain penduduk ini merupkan penyokong kehidupan suatu kota tersebut. Jika penyelenggaraan kota efektif, maka keuntungan tentunya bisa didapat oleh penduduk kota tersebut. Salah satunya adalah kecilnya anggaran yang akan digelontorkan untuk hal-hal yang dirasakan tidak penting. Misalnya pada penerangan kota yang bisa dibaca pada artikel referensi Sewa Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya berikut: http://www.suroboyo.id/pju-led-smart-system-buat-lampu-kota-bermutu-dan-efisien/. Artikel tersebut menyebutkan bahwa tagihan listrik bulanan operasional kota Surabaya saja mencapai Rp. 5 miliar. Tagihan ini tentunya harus dibayarkan supaya masyarakat dan pejabat dari berbagai dinas dapat terkoneksi satu sama lain, karena dalam penyelenggaraan negara tentu dibutuhkan berbagai kegiatan keadministrasian.

Namun ada solusi pada artikel tadi yang berkaitan dengan penggunaan yang dirasakan efektif, yakni meredupkan tingkat penerangan hingga 50% pada saat aktivitas warga mulai menurun. Sebagai ibukota provinsi dan kota metropolitan, warga Surabaya memang mempunyai aktivitas hingga jauh larut malam di beberapa titik meski Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya juga melihat hal ini tidak berlaku untuk keseluruhannya. Misalnya, banyak mall meredupkan dan 'mati suri' mulai pukul 10.00, sedangkan di pusat-pusat hiburan malam mungkin tak seperti itu. Tapi dibandingkan dengan kota-kota kecil yang mulai menurun aktivitasnya saat gelap mulai datang (sekitar pukul 6 sore), 'akhir keseharian' di Surabaya ini cukup larut. Jika peredupan lampu ini dilakukan, mungkin juga hasil penghematan yang ada bisa dialokasikan untuk pos lainnya.

Di sisi lain, Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya juga cukup beruntung tinggal dan beroperasi di Ibukota jawa Timur ini. Segala sesuatunya bisa tampak lebih asri dan hijau dewasa ini dibandingkan dengan beberapa dasawarsa lalu. Begitupun 'penerangan' jalan di wilayah perkotaan seperti Surabaya juga relatif lebih baik ketimbang kota-kota di luar Surabaya, yang mungkin juga disebabkan banyaknya papan reklame (juga tempat usaha berlampu atau ber-neonbox), pemukiman, dan lain-lain di samping lampu-lampu jalan (PJU) itu sendiri. 

Sementara tarif listrik dari berbagai komponen kota itu tentunya ditanggung oleh pihak masing-masing. Jadi Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya merasa ada keuntungan dua kali saat kota menjadi 'hidup': dari retribusi dan pajaknya serta kegunaannya dalam menerangi jalan (meskipun fokusnya bukan untuk jalan), serta andil masyarakat kota itu sendiri. Sebuah mall dengan lampu-lampunya pun agaknya cukup untuk membuat penerangan untuk lingkungan sekitar mall tersebut, begitupun area pemukiman yang sudah bisa dipastikan akan membutuhkan lampu. Bandingkan dengan daerah tanpa pemukiman (atau wilayah hutan) dimana areanya menjadi sangat riskan untuk dilewati pada malam hari. Rasanya, Pemda setempat pun akan menggelontorkan anggaran yang tidak sedikit untuk sekadar menerangi jalan-jalan pada wilayah kota itu.

Ada satu hal menarik (sayangnya bukan di Indonesia) bagi Sewa Rental Mobil Pregio di Surabaya dimana ada jalur-jalur di beberapa kota/tempat di negara-negara maju yang agaknya telah 'bebas biaya' karena tidak lagi membutuhkan listrik umum milik PLN setempat. Mengapa demikian? karena pembangunan instalasi jalan di daerah tersebut mampu untuk mencukupi dirinya sendiri. Tapi tentu saja Rental Sewa Mobil di Surabaya Barat  masih melihat kemungkinan adanya ongkos operasional untuk perawatan instalasi demikian. Salah satu contohnya adalah generator listrik mini yang terlihat cantik bila terpasang di beberapa sudut kota, seperti yang bisa dibaca pada bahasan 'pohon generator' berikut: http://www.alternative-energy-news.info/tree-shaped-wind-turbines-paris/ .

Contoh lainnya adalah perangkat lampu sekaligus sel suryanya seperti yang bisa dilihat pada halaman berikut: http://www.hyenergy.com.cn/a/English/Solar_Street_Lighting_System/ yang entah kapan akan diimplikasikan di negara kita sebagai langkah penghematan. Mungkin saja, jika tagihan listrik untuk PJU ini jauh lebih berkurang maka sebagai imbasnya jalan-jalan di Surabaya juga akan lebih baik karena alokasi dananya lebih dari cukup. Akhirnya siklus yang saling menguntungkan ini kembali ke warga kota dan Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya juga sebagai salah satu bagian dari Kota Surabaya. Meski hal ini memang tak bisa serentak melainkan harus bertahap, namun Rental Sewa Mobil di Surabaya masih optimis akan penerapannya untuk ke depannya. Semoga.
 
 
 
***
Keterangan gambar: Sebuah tiang lampu penerangan di negara Iran, menggunakan pasokan listrik dari kincir bertenaga angin. sumber: commons.wikimedia.org/Pedia Bear






0 comments:





Post Comments :