BERITA

  Suka Menerjang Banjir?

    Dibaca: 321 kali 


Saat musim hujan, banyak daerah terutama daerah cekungan yang rawan banjir. Hanya jika hujan yang turun sudah terlanjur lebat, banyak daerah yang tadinya tak berpotensi banjir juga turut terimbas dengan adanya genangan dan curahan air yang lumayan deras. Misalnya di daerah perbukitan jalan Malang-Gempol, tepatnya di kawasan Pandaan. Hanya, memang curahan air ini sifatnya sementara dan tak sampai menenggelamkan kendaraan yang melintas terkait dengan kontur tanahnya. Wilayah ini sendiri sering dilalui oleh Sewa Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya, khususnya jika konsumen ingin diantar ke Kota Malang atau Pandaan-Pasuruan dan sekitarnya.

Namun terkadang, curahan air yang cukup deras ini cukup menyulitkan pengemudi kendaraan yang ramping lebih dari banjir biasa. Di beberapa tayangan video yang tersebar di media sosial atau youtube, Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya malah mendapati kendaraan seperti mobil (yang tergolong berat dari segi bobot) pun terbawa arus. Hal ini juga tak terlalu mengherankan, karena air sejatinya mempunyai sifat yang fleksibel terhadap berbagai macam permukaan. Maksudnya, dalam genangan biasa pun sebuah mobil atau kendaraan juga mempunyai potensi demikian disebabkan 'aquaplanning' yakni ban kendaraan yang berpotensi mengapung pada kondisi 'perairan'.

Jadi sebuah kendaraan pun bisa berjalan tak terkendali saat kita melintasi daerah banjir selain faktor air yang bisa masuk ke dalam mesin. Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya pun pernah menemukan tautan berikut: http://www.otosia.com/berita/terjang-banjir-jakarta-toyota-agya-malah-nyemplung-taman-kota.html; bisa jadi, kondisi 'aquaplanning' pun menimpa kendaraan tersebut saat itu hingga nyasar ke kolam. Sementara, lainnya pun memilih melakukan modifikasi kendaraan untuk tetap melaju dalam banjir: https://www.brilio.net/wow/sepeda-motor-modifikasi-pemuda-ini-mampu-membelah-banjir-bak-perahu-170109h.html; Bagaimana dengan kondisi aquaplanning tadi? Rental Sewa Mobil Pregio di Surabaya mengira, pada ban sepeda motor yang terbuat dari karet terisi udara itu pun tetap ada aquaplanning namun porsinya sangat kecil.

Sebuah riset pun mendapati adanya perbedaan saat pelan atau cepat pada sebuah ban baru atau sebaliknya, bekas: https://www.nokiantyres.com/innovation/safety/dangers-of-aquaplaning/; Ini dikarenakan, saat kendaraan pelan maka ban mobil akan semakin menapak jalan dan saat cepat maka akan mudah tergelincir. Jika air curahan deras maka bisa pula berlaku seperti saat kecepatan kendaraan tersebut tinggi, selain tekanan air itu sendiri bisa dahsyat: http://www.otosia.com/berita/ini-baru-yang-namanya-cari-mati.html.

Di sisi lain, Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya melihat kecenderungan masyarakat untuk menghindari banjir ini dikarenakan beberapa hal; termasuk kondisi di luar/dalam mobil tersebut yang bisa mudah diketahui orang (yang teliti) bila pernah menjadi korban banjir. Banyak orang yang menganggap mobil sebagai aset selain sarana untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Aset ini bisa diartikan bila suatu saat ada kebutuhan untuk 'diuangkan'. Meski bukan termasuk yang membeli mobil yang difungsi-utamakan sebagai aset, Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya pun melakukan penjualan rutin akan armadanya; terutama bila tahun rilis kendaraan tersebut sudah tidak tergolong 'baru' demi menciptakan operasional yang efisien.
Pada titik ini, Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat juga cenderung menghindari harga mobil bekas pakainya sangat jatuh dari harga pasaran; karena itu pastinya berusaha senantiasa terawat serta menghindari menerjang genangan dan banjir yang bisa membuat harganya tak bisa tinggi. Dan, banyak orang pun tentu akan berusaha meneliti apa yang dibelinya karena harga sebuah mobil pun tak murah. Salah satunya mungkin melalui paparan berikut: https://www.oto.com/tips-mobil/10-tips-mendeteksi-mobil-bekas-banjir. Jadi, jika kita semua memang menyayangi kepemilikan kita atas sesuatu; mungkin tindakan berhati-hati akan selalu dirasakan wajar. 
 
 
 
***
Keterangan gambar: genangan yang terlihat cukup dalam pada sebuah cekungan. Meski hanya sekejap, kemungkinan memang ada efeknya. sumber: commons.wikimedia.org/Nyttend






0 comments:





Post Comments :